Wednesday, December 2, 2009

Pembagian Waktu di Indonesia

Indonesia terbagi atas 3 daerah waktu yang berbeda. Setiap wilayah berbeda waktu 1 sampai dengan 2 jam walaupun pada saat yang sama/berbarengan. Hal ini disebabkan akibat Wilayah Indonesia yang melebar dari barat ke timur sehingga dipengaruhi oleh rotasi bumi terhadap arah matahari. Dari satu bagian waktu ke bagian waktu sebelahnya adalah berbeda 1 jam secara teori namun secara fakta dari bagian yang satu ke bagian lain tidak berbeda 1 jam. Contohnya adalah antara bali dan surabaya yang secara de facto hanya berbeda beberapa menit, namun akibat dari pembatasan wilayah waktu menjadi 1 jam. Setiap berbeda 15o bujur bumi berbeda waktu 1 jam.
Berikut ini adalah wilayah untuk masing-masing zona waktu :
- Waktu Indonesia Bagian Barat (105o Bujur Timur) : Sumatera, Jawa, Madura dan Kalimantan barat.
- Waktu Indonesia Bagian Tengah (120o Bujur Timur) : Bali, Nusa tenggara barat, Nusa tenggara timur, Sulawesi, Kalimantan selatan, kalimantan tengah, kalimantan timur.
- Waktu Indonesia Bagian Timur (135o Bujur Timur) : Maluku dan Papua.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 comments:

 
Free Website Hosting

It's a half of my life Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon